Sabtu, 16 Oktober 2010

Green Lifestyle Tips ( Tips Hidup Ramah Lingkungan)

Green Lifestyle telah menjadi tren populer di dunia saat ini. Bahkan jika Anda tidak dapat membangun sebuah rumah baru yang hemat energi atau merombak rumah anda yang ada sekarang untuk membuatnya lebih ramah lingkungan, masih ada hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu lingkungan.

Pertama, pertimbangkan untuk mengganti lampu pijar lama Anda dengan energi lampu neon kompak yang efisien. Lampu ini menggunakan hingga 80 persen energi lebih sedikit daripada bola lampu gaya yang lebih tua. Sebagai bonus tambahan, mereka lebih awet sehingga Anda tidak akan harus mengganti lampu sesering mungkin.

Kedua, Anda dapat melampirkan aerator ke kran Anda. Perangkat ini sedikit menempel pada kran tempat air keluar, dan mencampur ke dalam aliran udara. Anda akan menggunakan lebih sedikit air, tapi tekanan air akan tetap hampir sama seperti sebelumnya. Ada perangkat serupa yang tersedia untuk shower Anda, yang akan mengurangi jumlah air yang Anda gunakan saat mandi.

Ketiga, mengatur pemakaian termostat(penghangat ruangan) Atau AC(air conditioner). Ganti termostat lama Anda dengan termostat yang telah diprogram. Ini akan memungkinkan Anda mengatur siklus pemanasan dan pendinginan waktu Anda di rumah dan aktif menggunakan ruang tamu Anda. Penghematan energi benar-benar dapat bertambah ketika Anda berhenti menjaga rumah hangat atau dingin selama 8 sampai 10 jam lebih saat Anda habiskan waktu di tempat kerja. Anda dapat mengatur termostat saat Anda berangkat kerja ataupun sedang keluar rumah dan mengaturnya agar secara otomatis aktif sekitar setengah jam sebelum Anda pulang ke rumah.. Mengatur temperature suhu AC dalam batas wajar. Biasanya setelah seharian kepanasan diluar. Ada beberapa diantara kita ingin cepat-cepat merasakan kesejukan AC didalam ruangan, sehingga terus mengatur temperature diangka 18derajad celcius. Apalagi diluar temperature mencapai diatas 30 derajad celcius.
Menurunkan angka menjadi 18 derajad celcius bukanlah hal yang bijaksana. Karena ini justru tidak menjadikan kinerja AC maksimal. Idealna anda dapat mengatur temperature AC pada angka 25 derajat celcius. Melakukan service pemeliharaan peralatan termostat atau AC secara rutin. Sehingga menjadikannya bekerja secara optimal. Rumah Anda akan nyaman saat Anda di rumah, tetapi Anda tidak akan membuang-buang energi dan uang saat Anda pergi.

Keempat, memasang filter air/penjernih air di keran dapur Anda daripada membeli air kemasan. sistem air Sebagian besar kota di Dunia menyediakan air bersih, air minum yang sehat, sehingga filter biasanya tidak diperlukan, kalau Indonesia…?. Tapi produsen minuman besar telah menghabiskan jutaan Rupiah untuk kampanye pemasaran untuk mendapatkan kita untuk berpikir bahwa air kemasan lebih bersih dan lebih aman daripada air keran biasa. Jika Anda hanya tidak bisa membawa diri Anda untuk mulai air minum dari keran air, Anda setidaknya bisa membeli dan menginstal filter. Kemudian Anda dapat menghentikan memasukkan botol air plastik untuk TPA Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar